4 Tips Merawat Kamera DSLR Supaya Lebih Awet

Saat ini penggunaan kamera sudah semakin marak di kalangan masyarakat luas sehingga tips merawat kamera menjadi sesuatu yang wajib untuk diketahui. Kamera tidak hanya digunakan sebagai alat kerja untuk para fotografer profesional atau orang orang yang memang memiliki pekerjaan dengan dunia potret memotret. Namun, saat ini kamera telah menjadi sesuatu yang sangat lazim untuk dibawa oleh siapa saja untuk keperluan pribadi, seperti keperluan narsistik misalnya, dan keperluan yang lain.

Jelas hal tersebut mengharuskan para pemilik kamera harus mengetahui berbagai macam tips untuk mempertahankan keawetan atau keberfungsian dari kamera yang dimiliki tersebut, sehingga kamera akan bisa memiliki umur yang panjang dan tetap dapat menangkap objek dengan kualitas yang maksimal.

Tips Merawat Kamera

Berikut ini ada beberapa tips merawat kamera secara sederhana yang dapat diterapkan untuk berbagai macam jenis kamera, khususnya kamera model DSLR yang memang lebih memerlukan perawatan secara intensif dibandingkan dengan perawatan kamera jenis yang lainnya. Tips tips tersebut antara lain adalah,

1. Usahakan Untuk Selalu Menyimpan Kamera di Dalam Tas Khusus

Tas khusus untuk menyimpan kamera sangat penting dimiliki oleh para pengguna kamera, terutama kamera DSLR. Biasanya tas ini akan langsung didapat ketika seseorang membeli kamera baru, namun dapat juga dibeli melalui berbagai toko yang menjual perlengkapan kamera. Tas ini memiliki banyak manfaat untuk kamera DSLR, salah satunya adalah melindungi kamera dari berbagai jenis kotoran serta benturan.

2. Untuk bagian LCD Kamera, Sebaiknya Dipasangi  Screen Protector

Pemasangan screen protector pada bagian LCD atau layar kamera DSLR berfungsi untuk menghindarkan layar kamera tersebut dari berbagai macam kemungkinan untuk mendapatkan goresan dan kotoran yang membandel. Keberadaan screen protector akan sangat bermanfaat sebagaimana pemasangan screen protector pada layar ponsel.

3. Selalu Pasang Lenscap Saat Kamera Sedang tidak Digunakan

Lenscap adalah benda berbentuk bundar yang berfungsi untuk menutup lensa kamera ketika sedang tidak digunakan. Benda ini dapat menghindarkan lensa kamera dari berbagai debu yang sangat mungkin akan menempel. Walaupun terkesan sangat sederhana, lenscap ini harganya sangat mahal, sehingga jangan sampai anda menghilangkan atau mungkin merusakkan lenscap dari suatu kamera.

4. Kalungkan Shoulder Pada Leher Anda Ketika Sedang Mengambil Gambar

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan kamera akan terlepas dari tangan anda dan terjatuh, sehingga akan menimbulkan kesrusakan. Mengkalungkan shoulder atau tali kamera sangat penting untuk menjaga kamera dari kemungkinan kemaungkinan tak terduga yang bisa datang kapan saja.

Demikianlah beberapa tips merawat kamera DSLR secara sederhana, tips ini merupakan sesuatu yang sangat mendasar sebelum benar benar merawat kamera dari sisi komponen komponennya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Tips Merawat Kamera DSLR Supaya Lebih Awet

0 komentar:

Posting Komentar